Senin, 27 Juli 2015

Mengirit BBM untuk motor harian

Sebagai tunggangan harian, wajar jika kebutuhan konsumsi bahan bakar motor kita akan semakin banyak. Tentu saja akan membuat kantong kering jika konsumsinya terlalu boros. Nah bagaimana cara menekannya agar sedikit lebih irit ? Simak beberapa Tips & Trik dari Ripappi berikut :
SETEL JARUM SKEP
Paling praktis adalah dengan menyetel jarum skep. Tugas utama jarum skep adalah untuk mengatur jumlah masuknya bahan bakar menuju ruang bakar. Ketinggiannya sangat berpengaruh pada efisiensi konsumsi bahan bakar. Semakin tinggi posisinya, maka akan makin boros konsumsi bahan bakar. Untuk mengiritkannya, tentu saja posisinya harus diturunkan dengan cara menaikkan posisi pen pengunci jarum skep ke ruas paling tinggi di ujung atas jarum.
SUMBAT LUBANG MAIN JET
Main jet bekerja mengalirkan bahan bakar saat putaran mesing sudah ada di tengah sampai atas. Pada putaran inilah banyak terjadi pemborosan bahan bakar. Karenanya proses pengiritan bisa dilakukan di part ini yakni dengan sedikit menyumbat lubang main jetnya dengan bantuan helai kawat kabel listrik yang dimasukkan ke lubang main jet. Dengan sedikit disumbat, maka tentu saja bisa mengurangi masuknya bahan bakar dari unit penampung.
PERKECIL DIAMETER LUBANG MAIN JET
Cara praktis ketiga yakni dengan memperkecil diameter lubang main jet. Caranya dengan menutup lubang terlebih dahulu dengan bantuan solder timah. Setelag tertutup, bisa kita buat lubang baru, tentu saja dengan diameter yang lebih kecil menggunakan kawat perojok secara manual.

1 komentar:

  1. Ilmu ngawur, ngrusak mesin.
    Kl pgn irit yo mlaku, ojo numpak motor. Ukuran pj & mj itu wes disesuaikan dgn kebutuhan mesin. Kurang suplai bbm mesin jd panas, trllu boros jg tdk baik.
    Jd saran sy kl mau posting ilmu jgn bikin org malah terjerumus.

    BalasHapus