Minggu, 19 Juli 2015

cara service scorpio barang kali butuh

Nah lagi-lagi rekan saya datang ke  WD garage ..  dengan  mengeluhkan Yamaha scorpio yang baru saja  dibeli nya dengan second ada sedikit  masalah , nganuuu  mas ini  mesin nya  kasar banget  & agak  kurang siph tarikannya  ..  lha  kenapa?  yo  wis  sini  coba  kita  check!  :)
prosedur seperti biasa checking  ringan sekalian  service rutin berkala  ….. bongkar Carburator & cleaning box air filter ..  nah  pas buka  carburator aja  udah  ketahuan  banyak  kotoran  di mangkuk floating karburator banyak endapan kotor  :twisted:
banyak endapan di  mangkut  tersebut bisa ikut terhisap oleh spuyer (pilot jet – main jet)  yang  selain  bisa mengikis  juga bisa membuat  salurat lubang2 nya  tersumbat  ,  oke  sekalian cleaning  pakai carb cleaner  sampai  bersih  di  bagian2 yang menyempit  ..  untuk  karbu  standart scorpio  kalau dirasa tidak ada masalah  mending membran vakum  tidak usah  dibuka , cukup bersihkan saluran2 nya  (membran scorpio  kalau  sampai  sobek  mahal  lho  harganya  :twisted:    )
sekalian  bersihkan  debu2  yang membandel  pada busa air filter,  warning !  jangan cuci busa filter model seperti ini dengan bensin  ..  bisa hancur mas bro…  sekalian  bersihkan box filter yang biasanya ada sedikit cipratan & uap oli yang keluar dari oil breather engine.
bersihkan  air filter
lanjut check busi sekalian bersihkan jika masih bagus ,  posisikan TMA (titik mati atas piston) dengan memutar nut  crank shaft dengan  kunci shock & ratched handle dari block sebelah kiri / block magnet, posisi top bisa dilihat dari lubang intip pada rotor magnet
posisikan top TMA
setelah posisi piston  TMA tercapai (bisa juga  di  cek  via  lubang  busi, piston  sudah  mendekati lubang  dan berhenti stagnan di atas) kemudian  buka cover penyetel klep dengan  kunci pembuka cover *kunci no 24 ,
next persiapkan feeling yang good mood  untuk  melakukan setting valve :mrgreen:
:arrow:
sediakan  kunci no 10,  obeng (-) pendek & fuller gauge  untuk melakukan  setting valve ,  nah  karena  rekan  WD  ini  minta  agar  di  setel  rapat  yo  wis  tak  setting  di  celah 0,09mm untuk valve in  &  0,1 mm untuk  valve  out  *clearence feeling sesuaikan  selera setel kendor apa setel span tentunya masih  di range aturan penyetelan  :)
nah  kasus  pada  si kalajengking  yang dikeluhkan  bersuara kasar ini  ternyata  saat  di  tap oli  mesinnya  ..  wadooouuwwh  hitam  kental  bercampur  gram  gitu  dech….
mulai  curiga  ini  pasti  ada  yang  ga  beres…   coba  check  cartridge oil filter nya  dengan  membuka  3  baut  dengan  kunci  – L – 5  …  wheladalah  ternyata  endapan  oli  bercampur  gram  ngumpul  di  area  ini  ,  dan si Pio  ini  cartridge filternya  bukan  original  , melainkan  cartridge  seperti  pada vixion dan bebek2  ber cartridge  lainnya  yang  berbahan  kertas ..
nah  ini  dia  cartridge  model  kertas  kalau  lama  ga  pernah  di ganti  dikhawatirkan mampet  karena tersumbat  endapan oli jadi memang  perlu  di perhatikan pentingnya masa penggantian  cartridge  oil filter mas bro !
filter oli original scorpio
bisa di  bayangkan  to misal  aliran sirkulasi pelumasan  tersumbat  di  area  filter  …   justru  bagian  mesin terutama  area  cylinder head  yang  paling  pertama  terkena  dampaknya….   *setidaknya  hal  yang  seperti  ini  bisa  memicu  motor  anda  menjadi  berisik &  kasar ,   FYI  aja  filter oli  original  scorpio  ini  ber kode  1UY-13440-02 dan  harganya  berkisar 75.000  +  pajak  10 %
nah  setelah  semua  beres  ,  isi  oli  bak  mesin  si  Pio  yang berkapasitas 1200ml ini dengan  oli  baru  *karena  tadi  bongkar  oil  filter  ,  ada  baiknya  pengisian oli  ditambahin  sedikit  :)
monggo  di  tambahin  kalo  kurang  & di  tunggu  share  tentang  si  Pio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar