Nah lagi-lagi rekan saya datang ke WD garage .. dengan mengeluhkan Yamaha scorpio yang baru saja dibeli nya dengan second ada sedikit masalah , nganuuu mas ini mesin nya kasar banget & agak kurang siph tarikannya .. lha kenapa? yo wis sini coba kita check!
prosedur seperti biasa checking ringan sekalian service rutin berkala ….. bongkar Carburator & cleaning box air filter .. nah pas buka carburator aja udah ketahuan banyak kotoran di mangkuk floating karburator banyak endapan kotor
banyak endapan di mangkut tersebut bisa ikut terhisap oleh spuyer (pilot jet – main jet) yang selain bisa mengikis juga bisa membuat salurat lubang2 nya tersumbat , oke sekalian cleaning pakai carb cleaner sampai bersih di bagian2 yang menyempit .. untuk karbu standart scorpio kalau dirasa tidak ada masalah mending membran vakum tidak usah dibuka , cukup bersihkan saluran2 nya (membran scorpio kalau sampai sobek mahal lho harganya :twisted: )
sekalian bersihkan debu2 yang membandel pada busa air filter, warning ! jangan cuci busa filter model seperti ini dengan bensin .. bisa hancur mas bro… sekalian bersihkan box filter yang biasanya ada sedikit cipratan & uap oli yang keluar dari oil breather engine.
lanjut check busi sekalian bersihkan jika masih bagus , posisikan TMA (titik mati atas piston) dengan memutar nut crank shaft dengan kunci shock & ratched handle dari block sebelah kiri / block magnet, posisi top bisa dilihat dari lubang intip pada rotor magnet
setelah posisi piston TMA tercapai (bisa juga di cek via lubang busi, piston sudah mendekati lubang dan berhenti stagnan di atas) kemudian buka cover penyetel klep dengan kunci pembuka cover *kunci no 24 ,
next persiapkan feeling yang good mood untuk melakukan setting valve
sediakan kunci no 10, obeng (-) pendek & fuller gauge untuk melakukan setting valve , nah karena rekan WD ini minta agar di setel rapat yo wis tak setting di celah 0,09mm untuk valve in & 0,1 mm untuk valve out *clearence feeling sesuaikan selera setel kendor apa setel span tentunya masih di range aturan penyetelan
nah kasus pada si kalajengking yang dikeluhkan bersuara kasar ini ternyata saat di tap oli mesinnya .. wadooouuwwh hitam kental bercampur gram gitu dech….
mulai curiga ini pasti ada yang ga beres… coba check cartridge oil filter nya dengan membuka 3 baut dengan kunci – L – 5 … wheladalah ternyata endapan oli bercampur gram ngumpul di area ini , dan si Pio ini cartridge filternya bukan original , melainkan cartridge seperti pada vixion dan bebek2 ber cartridge lainnya yang berbahan kertas ..
nah ini dia cartridge model kertas kalau lama ga pernah di ganti dikhawatirkan mampet karena tersumbat endapan oli jadi memang perlu di perhatikan pentingnya masa penggantian cartridge oil filter mas bro !
bisa di bayangkan to misal aliran sirkulasi pelumasan tersumbat di area filter … justru bagian mesin terutama area cylinder head yang paling pertama terkena dampaknya…. *setidaknya hal yang seperti ini bisa memicu motor anda menjadi berisik & kasar , FYI aja filter oli original scorpio ini ber kode 1UY-13440-02 dan harganya berkisar 75.000 + pajak 10 %
nah setelah semua beres , isi oli bak mesin si Pio yang berkapasitas 1200ml ini dengan oli baru *karena tadi bongkar oil filter , ada baiknya pengisian oli ditambahin sedikit
monggo di tambahin kalo kurang & di tunggu share tentang si Pio
Tidak ada komentar:
Posting Komentar